Tuesday, March 11, 2014

Tutorial : Membuat Tepung Clay sendiri


Hai Sobat Crafter,


Hari ini aku mau berbagi mengenai teknik membuat tepung clay sendiri di rumah. Banyak cara dan komposisi untuk membuat tepung clay, itu semua terserah kepada sobat crafter untuk memilih komposisi yang mana. Adapun bahan clay yang pernah aku pakai pada awal mulanya adalah clay import baik itu berupa jumping clay ataupun produk Hearty . Memang untuk harganya relatif lebih mahal. Oleh karena itu aku membuat sendiri tepung claynya berdasarkan referensi yang aku dapat dari buku ataupun internet.

Bahan bahan yang dipergunakan adalah sbb :

1 cup Tepung Jagung (Maizena)
1 cup Lem Putih
2 sendok makan Vinegar atau bisa juga memakai air lemon
2 sendok makan Baby Oil.

Cara Membuatnya :

https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTVN4fO6WUDqbkC9SQJAznxXpG2rBmcC2Nx8GnaHBRa1EAUejZ9lg


Semua bahan diaduk jadi satu sampai tercampur rata, tuang di dalam wadah panci anti lengket. Dan dimasak diatas api kecil sambil diaduk lebih kurang 10 menit. 
Adonan harus terus diaduk agar tercampur dengan baik. Masak sampai adonan menjadi kalis dan menyatu.


Setelah adonan tidak terlalu panas, tuang di atas alas datar yang sudah dilapisi plastik dan diolesi dengan soft Cream, sobat bisa memakai handbody lotion yang ada di rumah. Selagi panas, adonan diuleni sampai menjadi kenyal dan menyatu, tidak ada lagi adonan yang menempel di tangan, apabila masih agak lengket, dapat ditambahkan sedikit soft creamnya.


Setelah menjadi kalis maka adonan akan tampak seperti ini . Masukkan ke dalam kantong plastik yang telah diolesi dengan soft cream. lalu simpan dalam suhu ruang. Tunggu hingga 24 jam kemudian, baru sobat crafter dapat mulai menggunakan adonan clay tersebut.


Memang membuatnya agak sedikit merepotkan, tapi hasilnya cukup baik. Adonan dapat dibentuk dengan mudah sesuai keinginan sobat crafter. Untuk pewarna yang aku gunakan adalah memakai cat poster. Kadang juga menggunakan cat minyak yang biasa dipakai mamaku untuk melukis.

Dibawah ini hasil kreasi aku menggunakan adonan tepung clay itu, dan warnanya tidak berubah  walaupun telah disimpan cukup lama.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...