Tuesday, October 11, 2016

Wisata ke Cirebon

Hai Sobat Crafter,

Kumalacraft mau share cerita jalan - jalan nih ke Cirebon beberapa waktu lalu bersama rombongan ibu-ibu cantik ..... ceillah .... yang lagi demen jalan-jalan and kuliner. yukkkk ....

Berangkat dari Jakarta menggunakan Kereta Api Kutoarjo Utara dari Stasiun Senen jam 6 pagi. Bisa dibayangin kan betapa hebohnya ibu2 bersiap-siap. Ada yang siapin nasi kebuli untuk dimakan ramai2 dikereta, ada yang bawa bekal pisang goreng keju, gak ketinggalan juga cemilan samosa buat di jalan. Pokoknya gak bakalan kelaparan deh dalam perjalanan 3 jam menuju Cirebon. Di gerbong juga paling ramai sendiri celotehan ke 12 ibu - ibu cantik ... ya kayaknya penumpang lain agak sedikit terganggu juga sih  dengan kehebohan kita  .... maaf ya ....

 

Tidak terasa 3 jam berlalu, sampailah di Stasiun Prujakan - Cirebon. Sambil menunggu mobil carteran datang ... sempat juga loh berfoto sejenak melepas lelah sambil bergaya ..... hadeehhh ....gak mau kalah nih sama yang muda-muda kalo disuruh berfoto ria .... becak nganggur juga jadi sasaran foto wkwkwkwkwkw.......


Tempat pertama yang dikunjungi adalah Keraton Kasepuhan Cirebon.

Keraton Kasepuhan merupakan salah satu dari bangunan peninggalan kesultanan Cirebon yang masih terawat dengan baik, seperti halnya keraton-keraton yang ada di wilayah Cirebon, bangunan keraton Kasepuhan menghadap ke arah utara . Di depan keraton Kesepuhan terdapat alun-alun yang pada waktu zaman dahulu bernama alun-alun Sangkala Buana yang merupakan tempat latihan keprajuritan yang diadakan pada hari Sabtu atau istilahnya pada waktu itu adalah Saptonan dan juga sebagai titik pusat tata letak kompleks pemerintahan keraton. Dan di alun-alun inilah dahulunya dilaksanakan juga pentas perayaan kesultanan lalu juga sebagai tempat rakyat berdatangan ke alun-alun untuk memenuhi panggilan ataupun mendengarkan pengumuman dari Sultan.

Saat ini Keraton Kasepuhan Cirebon di pimpin oleh Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat. SE yang bertahta dari tahun 2010 sampai dengan saat ini. (sumber : Wikipedia).

Sambil mendengarkan Pemandu Wisata menerangkan mengenai sejarah Keraton Kasepuhan Cirebon, tentu saja moms2 cantik tidak lupa mengabadikan momen itu dengan berfoto ria.

  

Tempat Wisata berikutnya tidak kalah bagusnya adalah TAMAN SARI GUA SUNYARAGI.

Gua Sunyaragi merupakan salah satu benda cagar budaya yang berada di Kota Cirebon dengan luas sekitar 15 hektare. Konstruksi dan komposisi bangunan situs ini merupakan sebuah taman air. Karena itu Gua Sunyaragi disebut taman air gua Sunyaragi. Pada zaman dahulu kompleks gua tersebut dikelilingi oleh danau yaitu Danau Jati. Selain itu di gua tersebut banyak terdapat air terjun buatan sebagai penghias, dan hiasan taman seperti Gajah, patung wanita Perawan Sunti, dan Patung Garuda. Gua Sunyaragi merupakan salah satu bagian dari keraton Pakungwati sekarang bernama keraton Kasepuhan.

 

 

Tidak terasa hari sudah menjelang siang ...perut mulai terasa keroncongan ....lapaarrr .... saatnya wisata kuliner nih ..... Makanan khas Cirebon adalah Nasi Jamblang dan Empal Gentong.... Tempat makan yang dituju adalah Restoran  Ibu Nur yang berlokasi di Jl. Cangkring II No. 34 - Cirebon. Sebagian ibu -ibu ada yang menikmati Nasi Jambang, sebagian lainnya memilih makan Empal Gentong ....ueeennakkkk tenan ....

.

Lanjut menuju Masjid Agung - Cirebon untuk menunaikan Sholat Dzuhur.  Masih tersisa waktu sekitar beberapa jam sebelum kembali ke Jakarta, rombongan langsung menuju ke Rumah Kerang Multi Dimensi yang berlokasi di Desa Astapada, Jl. Tengah Tani, Kabupaten Cirebon - Jawa Barat.

Setiba disana, mata sangat dimanjakan oleh hasil kreasi rumah tangga yang terbuat dari limbah kerang, baik berupa aneka lampu hias, meja dan kursi, figura, perlengkapan makan dan banyak lagi. sehingga betah berlama - lama disana. harga relatif terjangkau. Sungguh Indah produk kerajinan yang terbuat dari kerang ini, terutàma sifatnya yang tembus sinar sehingga bagus sekali dijadikan hiasan lampu ruangan.


Sobat Crafter ..... belum lengkap rasanya kalo belum belanja oleh-oleh ... Toko oleh-oleh Daud menyediakan berbagai cemilan khas Cirebon, dari mulai aneka sambal, tape daun, ketan tetel, kerupuk melarat, sampai aneka batik Cirebonan. Gak ketinggalan makan Tahu Gejrot .... walaupun sambil nongkrong dipinggiran .....hehehehe

Toko Daud, Tempat Belanja Camilan Sampai Batik Cirebon  

Asyik kan perjalanan kita kali ini.... sambil menenteng belanjaan yang banyak banget ... kembali ke Jakarta naik Kereta Api lagi.  
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...